Friday, January 20, 2012

materi perkuliahan bimbingan dan konseling di sekolah

Tenaga Bimbingan di Sekolah

Tenaga bimbingan sekolah merupakan individu yang  yang terlibat dalam pelayanan bimbingan di sekolah anatara lain meliputi konselor sekolah, guru-konselor, guru wali kelas,dosen-wali, kepala sekolah, psikolog sekolah, psikolog, dan psikiater. 

Tiga Kelompok Personil Bimbingan berdasarkan taraf keterlibatan dan sifat tugas :

1.    Tenaga Bimbingan utama
-          konselor sekolah, tenaga para professional atau tenal dan guru.

2.    Tenaga administrasi bimbingan
-          Terdiri dari petugas struktural dan memikul tanggung jawab sebagai perencana, koordinator, pengawas dan evaluator, meliputi Koordinator Bimbingan, Kepala sekolah, dan Pejabat Kantor Wilayah atau Pejabat Yayasan.

3.    Tenaga yang menunjang
-          Terdiri dari ahli psikometrik, psikolog sekolah, pekerja sosial, ahli pengajaran remedial, dokter sekolah dan psikiater.

Klasifikasi Personil Bimbingan
  1. Konselor sekolah, yaitu tenaga professional yang mencurahkan seluruh waktunya pada pelayanan bimbingan (full-time guidance counselor).

  1. Guru pembimbing atau guru-konselor, yaitu seorang guru yang di samping mengajar di salah satu bidang studi, terlibat juga dalam rangkaian pelayanan bimbingan, termasuk layanan konseling

  1. Guru,  yaitu tenaga pengajar yang melibatkan diri dalam pelayanan bimbingan


Pendidikan Konselor Sekolah

1.     Pendidikan Akademik
àSejak tahun 1992 program pendidikan akademik bagi konselor sekolah pada IKIP Negeri adalah program studi Bimbingan dan Konseling disini mahasiswa harus menyelesaikan minimal 144 SKS, termasuk mata kuliah Profesionalisasi Bimbingan Konseling.


Dalam naskah Kurikulum Inti Pendidikan Tenaga Pendidik, profil kemampuan dasar konselor sekolah yaitu :
-           Menguasai bahan bimbingan
-          Mengelola pelayanan bimbingan
-          Menyelenggarakan administrasi bimbingan di sekolah
-          Mengelola layanan konseling
-          Melaksanakan tugas bimbingan yang berkaitan dengan pengajaran
-          Menguasai landasan pendidikan dan bimbingan
-          Memahami proses pengajaran
-          Memahami asas penelitian dan menafsirkan penelitian pendidikan / bimbingan guna keperluan bimbingan dan konseling.

2.    Perkembangan kepribadian
Menurut Belkin ada tiga kulitas kepribadian konselor sekolah yang dapat mempengaruhi efektifitas layanan konseling konselor yakni:
-          mengenal diri sendiri (knowing oneself)
-          memahami orang lain (understanding others)
-          kemampuan berkomunikasi dengan orang lain (relating to others)

Tantangan-tantangan yang Dihadapi Konselor Sekolah
Berikut perbandingan antara keadaan di Amerika dan di Indonesia.

1.    Keadaan di Amerika
-          Adanya pendapat dari sejumlah kepala sekolah yang menyatakan bahwa konselor di sekolah seharusnya dilibatkan dalam administrasi pengajaran, kontrol terhadap presensi siswa, penyusunan jadwal pelajaran, dll.  

-          Adanya pendapat dari para guru yang menyatakan bahwa konselor harus selalu mendukung pandangan mereka serta membela keputusan mereka, dan tidak menempati posisi yang memungkinkan untuk berkontak dengan para siswa secara leluasa.

-          Pada suatu penelitian menyatakan bahwa konselor dipandang sebagai orang yang sesuai untuk diajak membicarakan masalah akademik dan masalah jabatan, tetapi kurang sesuai untuk diajak berbicara tentang masalah lain.


-          Adanya harapan dari orangtua siswa supaya konselor sekolah membantu mereka dalam meyakinkan dan mendesak siswa untuk memilih program studi tertentu, sesuai keinginan orangtua.

-          Adanya kalangan para dosen yang membekali calon-calon konselor dengan tumpukan pandangan tentang peranan mereka di sekolah, serta mengungkapkan harapan-harapan mengenai apa yang sebaiknya dilakukan dan apa yang tidak dilakukan.

2.    Keadaan di Indonesia 
Tantang dan keuslitan dikeompokkan dalam beberapa kategori
-          Diri konselor sendiri.
Hal ini bisa bersumber dari usia yang muda dianggap belum berpengalaman serta kepribadian yang belum terbentuk sepenuhnya. 
-          Pimpinan sekolah
sulitnya mengkomunikasikan kepada pimpinan sekolah mengenai landasan layanan bimbingan.
-          Staf guru
Sulitnya mengkomunikasikan kepada para guru mengenai landasan bimbingan
-          Orangtua
Menjadi tantangan bagi konselor jika orang tua yang bertaraf pendidikan cukup tinggi dan orang tua yang mempunyai harapan-harapan yang tidak realistis atau sikap negatif.
-          Suasana di sekolah dan keadaan dunia pendidikan
Suasana di sekolah yang kurang berdisiplin, pengaturan nilai menurut situasi dan kondisi, kebiasaan siswa untuk menyontek dan mencari aneka lubang untuk menutupi kesalahannya, serta problematik yang sering melanda dunia pendidikan seperti perubahan kurikulum yang terlalu sering mengakibatkan konselor sering terpaksa memberikan jawaban yang kurang pasti ketika siswa bertanya tentang hal-hal baru. 
-          Berwawasan luas,
-          berpikir kreatif dan bertindak tepat
-          Berpendirian teguh tentang jabatannya sebagai profesi.


1 comment: